Select Menu
Select Menu

Favourite

Bisnis

Tutotial Blog

Internet

Motivasi

Politik

Gadget

Astronomi

Kesehatan

Kecantikan

» » » Begini kira-kira Perbedaan Quick Count dengan Exit Poll


Masagung Hariyandi 11:46 PM 0

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Publik tentu bertanya kenapa penghitungan suara secara belum dilakukan, namun prediksi hasil suara sudah bisa diketahui?
Dasman Affandi, Senior Konsultan Cyrus Network  menjelaskan, pihaknya menggunakan metode exit poll sehingga dapat mengumumkan kemungkinan prosentase suara partai politik peserta pemilu 2014.
"Exit Poll yang dimaksud adalah, hasil survei  yang dilakukan dengan cara bertanya langsung kepada para pemilih usai mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) ada beberapa pertanyaan yang kami ajukan, salah satunya partai mana yang dipilih di TPS," ujar Dasman kepada Tribunnews.com.
Hal ini, tentunya kemungkinan bisa berbeda bisa juga sama dengan hasil hitung cepat (quick count) yang dilakukan. HItung cepat yang dilakukan, katanya, akan dilakukan serempak di seluruh TPS usai para pemilih menggunakan suaranya.
Jadi, halau hitung cepat, kami menunggu hasil penhitungan suara dari beberapa TPS secara random ," Dasman menjelaskan.
Sebelumnya diberitakan, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) unggul sementara. Hasil survei Exit Poll, suara PDIP mencapai 19,55 persen. Suara PDIP disusul Partai Golkar dan Partai Gerindra.
"Data yang masuk sudah 83,5 persen. Biasanya setelah data masuk 70 persen, hasil survei cenderung stabil," kata Senior Konsultan Cyrus Network, Dasman Azhar Affandi
Riset Exit Pool dilakukan Cyrus Network bekerjasama dengan Center for Strategic and International Studies (CSIS).Survei dilakukan dengan cara mewawancarai pemilih yang baru saja mencoblos dari lokasi TPS.
Lembaga ini menetapkan responden hingga delapan ribu orang yang tersebar di dua ribu TPS, di dua ribu desa atau kelurahan,77 daerah pemilihan 33 provinsi di Indonesia. Survei ini menggunakan metode Multistage Random Sampling, dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen dengan Margin of Error +/- 1,1 persen.

Data riset sementara Exit Pool untuk pemilihan legislatif 2014 sebagai berikut:
1. Nasdem: 4,67%
2. PKB: 6,44%
3. PKS: 4,84%
4. PDIP: 19,55%
5. Golkar: 12,88%
6. Gerindra: 9,94%
7. PD: 7,79%
8. PAN: 4,33%
9. PPP: 4,40%
10. Hanura: 4,81%
14. PBB: 0,82%
15. PKPI: 0,48%

Data Masuk (%) : 83,5 %

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di emma$-agung
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Tinggalkan Komentar